BLANTERWISDOM101

Cara Merekam Panggilan Telepon di iPhone atau Android

Tuesday, June 11, 2019
Terkadang Anda perlu merekam panggilan telepon untuk mendengarkannya kembali, apakah itu untuk pekerjaan, bisnis, atau alasan sentimental - namun handset Android atau iPhone tidak memiliki cara bawaan untuk melakukan ini.

Jadi, jika Anda ingin menyimpan percakapan telepon Anda sebagai file audio, ada beberapa opsi yang tersedia untuk Anda lakukan.

Undang-undang tentang merekam panggilan berbeda-beda di setiap negara, jadi pastikan Anda tidak melanggar hukum sebelum Anda mulai merekam.

Cara Merekam Panggilan Telepon di Android atau iPhone menggunakan perangkat lain
Cara termudah untuk merekam panggilan telepon adalah dengan menggunakan telepon atau tablet lain - jika Anda memilikinya.

Produk iOS memiliki aplikasi yang disebut memo suara, dan Android memiliki perekam suara, jadi jika Anda menerima panggilan telepon dalam mode loudspeaker, dan mengatur perangkat kedua untuk merekam, Anda dapat merekam baik dari suara anda ataupun lawan bicara.

Masalah utamanya adalah bahwa Anda dapat secara tidak sengaja merekam suara lain, seperti percakapan orang di sekitar atau suara bising lainnya, dan tergantung pada mikrofon perangkat kedua Anda, kualitas audio mungkin tidak terlalu baik saat merekam suara panggilan.

Gunakan Google Voice

Aplikasi untuk merekam panggilan adalah Google Voice, yang merupakan aplikasi Google (sesuai namanya) yang juga memfasilitasi panggilan Wi-Fi. Anda dapat mengatur aplikasi agar merekam panggilan masuk, meskipun ini tidak berfungsi untuk panggilan keluar.

Saat berada di aplikasi, cari menu pengaturan, lalu pilih 'panggilan' lalu alihkan 'pengaturan panggilan masuk'. Ketika ini diaktifkan, ketika Anda menekan angka 4 pada bantalan nomor saat melakukan panggilan, aplikasi akan mulai merekam panggilan. Kedua belah pihak akan mendengar suara yang memberitahukan bahwa ini perekaman sedang terjadi, sehingga kedua belah pihak tahu bahwa percakapan itu direkam.

Google Voice saat ini tidak tersedia di semua negara, jadi teknik merekam panggilan ini tidak akan berfungsi tergantung di mana Anda tinggal - yang terbaik adalah Anda memeriksa aplikasi berfungsi dengan baik sebelum panggilan yang ingin Anda rekam.

Aplikasi Perekam Panggilan Lain
Jika Anda tidak dapat menggunakan Google Voice, atau tidak mau, ada beberapa aplikasi perekam panggilan lain yang dapat Anda gunakan - tetapi mereka memiliki kekurangan. Beberapa aplikasi dikenai biaya, yang lain mengharuskan Anda membayar tergantung pada seberapa banyak panggilan yang Anda rekam dan yang gratis memiliki keamanan yang meragukan.

Berikut adalah beberapa yang harus Anda periksa jika Anda mencari aplikasi untuk merekam panggilan Anda:

Call Recorder - aplikasi Android yang dapat merekam panggilan dan membantu Anda mengelola rekaman, baik dengan mencadangkannya ke cloud atau dengan mengelompokkannya. Ini juga memiliki fitur ID penelepon untuk membantu Anda mengidentifikasi nomor yang tidak dikenal.

Call Recorder Lite - aplikasi iOS yang memungkinkan Anda merekam panggilan masuk dan keluar. Anda harus membayar untuk mendengarkan kembali panggilan yang lebih lama, tetapi Anda dapat merekam selama yang Anda mau.

Ada banyak aplikasi serupa di Play Store dan App Store, tetapi jika Anda menginginkan yang gratis, yang terbaik adalah memeriksa peringkat dan ulasan toko hanya untuk memastikan itu berfungsi dengan baik.
Share This :

0 comments