BLANTERWISDOM101

Cara Meningkatkan Peringkat Web/Blog di Google

Tuesday, June 11, 2019
Trik SEO sederhana untuk meningkatkan traffic Anda

SEO sering dikatakan lebih dekat dengan seni daripada dengan tindakan ilmiah, terutama karena ia berubah begitu cepat. Karena proses pencarian Google yang rumit, frekuensi update perubahan algoritmanya dan sejumlah besar variabel yang terlibat, ada juga faktor kebetulan.

Secara historis, beberapa teknik telah memberikan dampak buruk pada SEO, tetapi ada beberapa cara sederhana untuk memastikan situs Anda mendapat manfaat dari hasil pencarian organik. 

Apa pencarian organik?
Pencarian dapat diklasifikasikan dalam dua jenis, yakni pencarian organik (alami) atau berbayar. Hasil organik (alami) adalah hasil yang muncul secara alami di laman hasil mesin telusur (SERP) dan hasil yang baik bergantung pada konstruksi teknis situs Anda dan konten di dalamnya.

Hasil berbayar, sering disebut sebagai Pay Per Click atau PPC, dapat dengan cepat memberikan hasil kepada pemilik situs, dan biasanya muncul di atas daftar organik. Namun, banyak pengguna web lebih memilih memperoleh pencarian organik daripada berbayar, menganggapnya lebih relevan dan dapat dipercaya.

Maka, tujuan SEO adalah untuk meningkatkan kinerja daftar organik Anda, yang pada gilirannya akan meningkatkan trafik ke situs Anda.

Cara kerjanya sederhana, yakni Mesin pencari mengindeks web  yang menggunakan program komputer, yang dikenal sebagai bot, untuk membuat jaring web dengan mengikuti tautan yang ditemukan di halaman web. URL ini diisi ke dalam indeks mesin pencari dan indeks inilah yang dipertanyakan setiap kali pengguna melakukan pencarian.

Mesin pencari menggunakan persamaan matematika yang kompleks, yang dikenal sebagai algoritma peringkat, untuk menentukan hasil pencarian. Algoritma Google (Pagerank) sendiri mengandalkan lebih dari 200 faktor individu untuk memutuskan hasil mana, dalam urutan mana, untuk kembali ke pencari webnya.

SEO organik dapat dibagi lagi menjadi dua kategori. Pada halaman: Kode dan konten yang Anda gunakan untuk mengelola dan mengirimkan halaman web Anda. Di luar halaman: Faktor eksternal yang memengaruhi SEO. Ini terutama difokuskan pada pembuatan tautan - membuat situs web lain menautkan ke konten Anda. 

Di sini kita akan fokus pada metode dasar optimasi halaman, yang semuanya berada di bawah kendali Anda.

Untuk memastikan situs web Anda dapat diakses oleh spider mesin pencari, ikuti langkah-langkah sederhana ini:

1. Yang paling penting adalah memaksimalkan aksesibilitas untuk memastikan mesin pencari dapat menemukan semua konten Anda. Anda dapat membantu Google dengan menyediakan file sitemap (disebut sitemap.xml) yang mencantumkan semua konten Anda dan seberapa sering itu diperbarui. Kunjungi halaman web Webmaster untuk memberikan informasi ini kepada Google.

Yang lain adalah menunggu mesin pencari untuk menemukannya melalui tautan ke Anda dari situs lain; ini biasanya terjadi selama proses perayapan dan biasanya memakan waktu lebih lama.

2. Pastikan Anda tidak mencegah mesin pencari mengindeks situs Anda dengan menggunakan file robots.txt dari Protokol Pengecualian Robot, yang digunakan untuk memberikan instruksi kepada bot mesin pencari. 

3. Hilangkan konten duplikat alias copy paste. 

4. Jika Anda menggunakan CMS seperti WordPress, ada baiknya membuat versi statis halaman jika memungkinkan meskipun  Google dapat menangani halaman dinamis saat ini - tetapi tidak ada salahnya. Versi teks ini memperjelas apa yang digunakan untuk mengetahui konten situs Anda.

5. Jika memungkinkan, juga lebih baik memiliki permalinks.

6. Pastikan Anda memiliki arsitektur tautan internal yang jelas. Promosikan konten penting ke beranda dan tautkan ke bagian situs utama melalui navigasi khusus. Kelompokkan konten ke dalam bagian-bagian situs yang jelas tercermin dalam navigasi situs Anda untuk membantu pengguna dan mesin pencari. Sebagai contoh lihat saja beranda di atas.

7. Yang paling penting adalah situs Anda menggunakan kata kunci yang dicari orang. Pastikan konten Anda dapat dibaca oleh mesin, dan hindari menggunakan video atau gambar untuk menyimpan konten Anda secara eksklusif. Ingat, mesin google pencarian tidak dapat melihat gambar atau video: mereka hanya dapat membaca teks tertulis di halaman web.

8. Pastikan Anda menargetkan kata kunci yang sesuai untuk tujuan Anda membuat web. Situs web yang sukses perlu fokus pada kata kunci yang memiliki relevansi tertinggi untuk audiens target mereka.

9. Setelah itu, tantangannya adalah untuk mendapatkan tautan yang baik untuk meningkatkan otoritas Anda dan ada seluruh industri (Penjangkauan, PR, dll.) Yang didedikasikan untuk melakukan hal itu. Mendapatkan tautan dari domain otoritas tinggi (situs web dengan Pagerank tinggi) adalah tujuan akhir.

Oh ya, waspadalah terhadap apa yang disebut Black Hat SEO (berbeda dengan White Hat SEO); mereka mungkin mengklaim membuat Anda mencapai halaman pertama Google. Dalam hampir semua kasus, mereka hanya akan mengirimkan lalu lintas yang tidak berharga daripada visitor unik, Ingat konten yang bagus adalah satu-satunya cara sejati untuk mencapai peringkat Google yang baik.
Share This :

0 comments