BLANTERWISDOM101

10 Hal yang 5G Dapat Lakukan sedangkan 4G Tidak Bisa

Wednesday, June 12, 2019

5G bisa menjadi game-changer

Dari Samsung Galaxy S10 5G ke OnePlus 7 Pro 5G dan seterusnya, ponsel 5G pertama sekarang ada di sini. Bersamaan dengan mereka, jaringan 5G pertama akhirnya diluncurkan - meskipun hanya dalam skala kecil sejauh ini.

Jika Anda tinggal di suatu tempat di mana 5G tersedia sudah saatnya beralih ke 5G karena jauh lebih cepat daripada 4G, menawarkan latensi yang lebih rendah dan banyak manfaat lain selain koneksi cepat.

Ini adalah teknologi mobile generasi janutan, yang ditetapkan untuk meninggalkan 4G di masa lalu, berkat pengunduhan yang lebih cepat, streaming yang lebih lancar dan banyak lagi. Tapi itu bukan hanya kecepatan yang dimilikinya, itu juga akan membuka seluruh manfaat dampak penggunaan baru yang tidak mungkin dilakukan oleh 4G.

Beberapa kegunaan terbaik untuk 5G bahkan mungkin belum dipikirkan, tetapi ada sepuluh yang menarik yang sudah kita ketahui. 

1. streaming video 8K
Streaming video 4K bukanlah sesuatu yang dilakukan banyak orang melalui 4G. Dengan 5G, bagaimanapun, harus dimungkinkan untuk mengambil lompatan besar ke depan dan mengalirkan video dalam kualitas 8K, tanpa harus menunggu buffer.

Ini adalah contoh nyata dari keuntungan yang diberikan oleh kecepatan 5G yang lebih besar - karena data dapat ditransfer lebih cepat, dimungkinkan untuk mentransfer lebih banyak dalam jumlah waktu yang sama, artinya Anda dapat melakukan streaming dalam kualitas yang jauh lebih tinggi tanpa perbedaan nyata dalam cara rekaman cepat dan lancar dikirim. Dan tentu saja kita berharap mereka akan segera berada di jalan sekarang karena teknologi sudah siap untuk itu. Bahkan, Huawei telah mengumumkan rencana untuk TV 8K 5G.

2. Unduhan besar dalam sekejap
Selain streaming dalam resolusi yang lebih tinggi, Anda akan dapat mengunduh konten lebih cepat dari 5G, yang akan membuat pengunduhan film 8K ​​lebih layak. Secara teknis, Anda bisa mengunduhnya melalui koneksi 4G atau bahkan 3G, tetapi itu akan sangat lambat.

Plus, kecepatan ekstra 5G akan membantu membuat unduhan besar lebih layak, yang juga bisa berarti permainan dan aplikasi yang lebih besar, dengan grafik yang lebih baik dan lebih banyak fitur. Jadi, Anda mungkin ingin memastikan Anda memiliki telepon dengan banyak penyimpanan di masa mendatang.

3. Game online berkualitas konsol tanpa jeda
Game online melalui jaringan seluler tidak selalu ideal - bukan hanya karena kecepatan, tetapi juga latensi. Latensi adalah waktu yang dibutuhkan jaringan untuk menanggapi permintaan, dan itu seharusnya jauh lebih cepat dengan 5G.

Ini berarti bahwa ketika Anda memasukkan perintah dalam permainan, itu akan terjadi secara instan, jadi Anda tidak akan kehilangan kesempatan untuk terbunuh karena lag.

Game online sendiri dapat menjadi lebih detail dan lebih dekat dengan kualitas konsol, karena kecepatan jaringan yang lebih tinggi akan membantu mengatasi beberapa pemain di dunia ini.

Juga akan ada potensi untuk gim itu sendiri untuk di-stream, memanfaatkan kekuatan 5G untuk menangani pengangkatan berat di awan, memungkinkan gim akhir yang lebih tinggi daripada yang mungkin mampu dilakukan oleh ponsel Anda - ini sesuai dengan apa yang Google Stadia diatur untuk dilakukan.

4. streaming game VR
Berbicara tentang streaming game, langit benar-benar adalah batas setelah Anda memindahkan pemrosesan ke cloud, yang 5G akan bantu aktifkan.

Kami tidak hanya akan melihat game-game berkualitas konsol, tetapi berpotensi juga game-game VR yang kaya detail, jauh melebihi kemampuan orang-orang seperti Google Daydream atau bahkan PlayStation VR yang mampu, semua dimainkan di telepon atau bahkan hanya headset tanpa kemampuan komputasi yang nyata.

5. Acara streaming langsung di VR
Semakin dekat dengan acara dan konser olahraga langsung melalui VR bukanlah konsep yang sama sekali baru, tetapi masih sangat jarang dan biasanya membutuhkan koneksi internet rumah yang cepat untuk mencapainya. Namun, dengan 5G Anda harus dapat menggunakan headset VR seluler dan mendapatkan kursi baris depan di mana pun Anda berada.

Acara streaming langsung di VR lebih dari 5G memiliki potensi untuk menghidupkan acara ini dengan cara yang benar-benar baru, dan membuat gagasan untuk mengeluarkan tiket untuk hadir secara langsung tiba-tiba terasa jauh lebih menarik.

6. Lebih banyak streaming langsung acara secara umum
Ini bukan hanya tentang ponsel; 5G juga dapat menyebabkan lebih banyak siaran langsung disiarkan di TV. Dengan teknologi siaran saat ini, perusahaan dibatasi oleh kecepatan yang lebih rendah di lapangan dan / atau peralatan besar, seperti truk siaran.

Dengan 5G, kecepatan dan portabilitas peralatan dapat ditingkatkan secara besar-besaran, artinya akan layak dan terjangkau untuk menyiarkan lebih banyak acara khusus. Tiba-tiba, Anda mungkin bisa menonton setiap pertandingan sepak bola daripada hanya pertandingan yang lebih besar, sementara siaran langsung konser bisa menjadi standar, daripada jarang.

Red Bee Media, sebuah perusahaan jasa penyiaran, berpendapat bahwa kemampuan untuk menyiarkan lebih banyak acara langsung akan membantu penyiar tradisional bersaing dengan layanan sesuai permintaan seperti Netflix. Dengan kata lain, mungkin masih ada kehidupan di TV linear.

7. Panggilan holografik
Anda sudah dapat melakukan panggilan video, tetapi bagaimana dengan panggilan holografik? Ini adalah sesuatu yang telah berhasil dilakukan Vodafone dengan teknologi 5G.

Meskipun ada lebih banyak teknologi yang terlibat daripada hanya 5G itu sendiri, suatu hari bisa berarti bahwa Anda sebenarnya bisa berada di ruangan yang sama dengan orang yang Anda ajak bicara, membuat dunia terasa semakin kecil dan mudah-mudahan membawa orang semakin dekat bersama.

8. Meningkatkan augmented reality
Augmented reality adalah teknologi yang telah kita lihat banyak selama beberapa tahun terakhir, tetapi masih dalam tahap awal. 5G bisa mengubahnya.

Dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah yang ditawarkan, ini akan dapat menambah kenyataan dengan cara yang lebih besar daripada yang dimungkinkan pada 4G. Di masa depan Anda bahkan mungkin melihat iklan papan iklan yang dipersonalisasi sepenuhnya diproyeksikan melalui kaca depan mobil Anda atau kacamata pintar Anda.

Berbicara tentang mobil, 5G berpotensi mengaktifkan fitur seperti instruksi navigasi yang dihamparkan di jalan saat dilihat melalui kaca depan yang pintar. Itu hanya dua contoh, tetapi AR jelas memiliki lebih banyak hal daripada sekadar Pokémon Go.

9. Mainstream kendaraan otonom
5G bisa menjadi kunci untuk membuat mobil self-driving menjadi hal yang biasa. Agar mereka dapat bekerja paling efektif, mereka harus dapat dengan cepat mengirim dan menerima data ke dan dari mobil lain, jalan pintar dan banyak lagi, yang membutuhkan jaringan cepat, latensi rendah, banyak bandwidth, dan keandalan tinggi. 5G menjanjikan semua itu.

Sebagaimana dijelaskan oleh persenjataan survei, berbicara kepada BBC: "Ketika Anda menyalakan lampu, itu langsung menyala. Itulah yang Anda butuhkan dengan mobil otonom - jika sesuatu terjadi, mobil harus segera berhenti. Itulah sebabnya sinyal 5G frekuensi tinggi wajib."

10. Rumah dan kota yang lebih pintar
Satu hal yang sangat membantu kecepatan dan bandwidth 5G adalah Internet of Things (IoT). Meskipun kami sudah melihat awal dari ini, dengan semuanya mulai dari termostat pintar hingga lampu pintar muncul di rumah orang, 5G harus menyediakan kapasitas yang dibutuhkan untuk membuat hampir setiap rumah terhubung menjadi pintar.

Dan itu tidak akan menjadi rumah. Kita harus mulai melihat kota-kota yang benar-benar pintar dan didukung oleh 5G. Ini berarti kota-kota dengan kemampuan untuk memonitor polusi, lalu lintas, aliran pejalan kaki, penggunaan energi dan banyak lagi, semuanya dalam waktu nyata.

Hal ini pada gilirannya dapat memangkas penggunaan sumber daya dan biaya, misalnya dengan membiarkan lampu jalan meredup secara otomatis ketika tidak ada orang di sekitarnya - yang mengarah ke daerah perkotaan yang lebih ramping dan lebih hijau. Jika Anda berpikir dunia terhubung sekarang, Anda belum melihat apa-apa.
Share This :

0 comments